Ciri Ciri Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria

By | August 9, 2016

Ciri Ciri Penyakit Kutil Kelamin Pada PriaKutil Kelamin pada pria di tandai munculnya bintik bintik di bagian penis atau di bagian kulit kemaluan yang biasanya menimbulkan rasa sedikit gatal. Bintik bintik tersebut kemudian tumbuh menjadi seperti daging tumbuh yang berwarna merah muda.

Kutil kelamin ialah penyakit yang menular melalui hubungan seksual. Kutil kelamin ini berupa benjolan kecil yang menyerupai kulit dibagian kelamin. Benjolan ini akan terus bertambah jika tidak ditangani dengan cepat dan akan terus membesar pada bagian alat kelamin. Penyakit kutil ini bisa tumbuh dibagain organ lainnya dan menyebabkan tumbuhnya kanker serviks pada wanita.

Penyakit Kutil Kelamin Pria

Jika penyakit kelamin dibiarkan maka akan tumbuh seperti bonkol yang besar sekali, dapat tumbuh seperti kembang kol dan tidak menyebar. Karena kemiripan bentuknya, kutil kelamin pun sering disebut dengan jengger ayam. Meskipun kutil kelamin hanya tumbuh di alat kelamin tetapi lebih mengganggu dibandingkan kutil di bagian tubuh lainnya. Jika tidak diobati kutil kelamin menimbulkan beban psikologis bagi penderitanya.

Dua dari tiga orang yang melakukan hubungan seksual dengan mereka yang memiliki kutil kelamin juga terkena penyakit ini. Biasanya dalam tiga bulan setelah melakukan kontak, tetapi terkadang sampai beberapa tahun.

Orang yang paling rentan terinfeksi virus HPV antara lain:

  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan banyak pasangan.
  • Memiliki penyakit kelamin lain.
  • Memiliki pasangan seksual yang terinfeksi baik Anda ketahui maupun tidak.
  • Aktif secara seksual pada usia muda.
  • Penyakit kutil kelamin juga dapat mengakibatkan masalah pada mulut atau pada lidah dan bibir, jika tidak cepat diatasi.

Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada wanita dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, lubang anus, dan leher rahim. Kutil kelamin pada pria dapat terjadi di ujung atau batang penis, skrotum, atau anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang memiliki kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.

Baca Juga  Gejala Penyakit Kutil Kelamin

Ciri ciri kutil kelamin meliputi:

  1. Benjolan kecil, daging berwarna abu-abu atau pembengkakan di daerah genital Anda
  2. Beberapa kutil yang berdekatan mirip seperti bentuk kembang kol
  3. Gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital Anda
  4. Perdarahan saat hubungan intim

Seringkali, kutil kelamin mungkin begitu kecil dan datar serta mereka tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tapi, kadang-kadang kutil pada kelamin dapat muncul semakin banyak.

Baca Juga : Penyebab Kutil Kelamin

Seperti yang sudah di bahas tadi, human papilloma virus (HPV) penyebab kutil. Ada lebih dari 40 strain yang berbeda dari HPV yang secara khusus mempengaruhi daerah genital. HPV menyebar melalui kontak seksual. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan tubuh Anda membunuh HPV dan tidak pernah mengembangkan tanda atau gejala infeksi.

Faktor Resiko Kutil Kelamin

  • Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit memperkirakan bahwa setidaknya setengah dari
  • semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi HPV di beberapa titik selama hidup mereka.
  • Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi meliputi:
  • Berhubungan seks tanpa kondom dengan beberapa pasangan
  • Telah memiliki infeksi menular seksual lain
  • Berhubungan seksual dengan pasangan Anda yang riwayat seksualnya tidak jelas
  • Aktif secara seksual pada usia muda

Bahaya Kutil Kelamin

Komplikasi kutil kelamin mungkin termasuk:

Kanker. Kanker serviks berkaitan erat dengan infeksi HPV. Beberapa jenis infeksi HPV juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut dan tenggorokan. Infeksi human papilloma virus tidak selalu menyebabkan kanker, tapi masih penting bagi wanita untuk menjalani tes teratur, terutama jika Anda sudah terinfeksi dengan jenis HPV yang berisiko tinggi.

Masalah selama kehamilan. Kutil kelamin pada ibu hamil dapat menyebabkan masalah. Kutil bisa membesar, sehingga sulit untuk buang air kecil. Kutil pada dinding vagina dapat mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk meregangkan saat melahirkan. Kutil besar di vulva atau vagina dapat berdarah saat melahirkan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Penyakit Kutil Kelamin

Jarang, seorang bayi yang lahir dari seorang ibu dengan penyakit kutil kelamin dapat mengembangkan kutil di tenggorokannya. Bayi mungkin memerlukan pembedahan untuk memastikan saluran udara tidak terhambat.

Tes dan Diagnosis

Tes Pap Smear
Bagi wanita, penting untuk menjalani pemeriksaan panggul rutin dan tes pap smear, yang dapat membantu mendeteksi perubahan-perubahan vagina dan leher rahim yang disebabkan oleh kutil kelamin atau tanda-tanda awal kanker serviks – kemungkinan komplikasi infeksi HPV.

Selama tes pap smear, dokter akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk menahan terus pembukaan vagina. Ia kemudian akan menggunakan alat bergagang panjang untuk mengumpulkan sampel kecil dari sel-sel dari leher rahim Anda – bagian antara vagina dan rahim Anda. Sel-sel diperiksa dengan mikroskop.

Tes HPV
Hanya beberapa jenis HPV telah dikaitkan dengan kanker serviks. Sampel sel-sel serviks yang diambil selama tes pap smear, dapat diuji pada strain HPV yang menyebabkan kanker ini.

Tes ini dikhususkan untuk wanita usia 30 tahun dan lebih tua. Hal ini tidak berguna bagi wanita yang lebih muda karena sistem kekebalan tubuh mereka biasanya dapat membunuh bahkan penyebab kanker jenis HPV tanpa pengobatan.

Sekian , Semoga Bermanfaat …..

Obat Kutil Kelamin Super Ampuh